dish washing machine

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dish Washing Machine

Mencuci piring merupakan salah satu tugas berat yang harus dilakukan setelah waktu makan dan hal ini tentu saja sudah terjadi sejak dulu, bahkan jika anda memiliki sebuah restoran. Namun, dengan munculnya dishwasher atau mesin pencuci piring, semuanya menjadi lebih mudah bahkan anda bisa melakukan hal lain yang lebih penting sambil menunggu beres mencuci.  Meskipun mesin dishwasher ini sangat terbukti menghemat apapun, tetap saja yang namanya mesin dan ciptaan manusia pasti masih ada kekurangan yang muncul dibalik kelebihan – kelebihannya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan dishwasher atau dish washing machine ini?

1. Nyaman dan Hemat Waktu

Menggunakan dishwasher dapat menghemat waktu anda lebih banyak, maka dari itu banyak restoran yang lebih memilih menggunakan dishwasher karena yang dilakukan hanyalah memasukan gelas dan piring kotor dan tekan tombol power, lalu tunggu hingga mesin menyelesaikan tugasnya, sangat hemat bila dibandingkan dengan membilas piring dengan sabun dan spon didepan bak sambil berdiri padahal sedang dikejar pelanggan yang berkunjung.

Keuntungan lain yang didapatkan jika menggunakan Dishwasher ini adalah membuat piring menjadi lebih bersih, karena air yang digunakan pun dipanaskan dahulu sebesar 140 derajat Celsius yang tentu saja efektif untuk membasmi kuman dan menjadi lebih higienis.

2. Hemat Energi

Anda mampu menghemat tenaga yang anda keluarkan dan tentu saja menghemat pengeluaran air, dan ada sebuah riset yang mengatakan bahwa jika menggunakan mesin pencuci piring ini mampu mnghemat 5000 galon air tiap tahunnya dibanding dengan mencuci piring dengan tangan yang malah menghamburkan dan menyia – nyiakan air.

Meskipun manfaat nya banyak, namun ada juga kekurangan – kekurangan yang dimiliki oleh mesin pencuci piring ini yaitu:

3. Jenis Sabun Pencuci Piring

Mesin pencuci piring memiliki sabun yang tentu saja dirancang khusus untuk mesin dishwasher. Penggunaan sabun cuci piring biasa akan mempengaruhi kinerja mesin karena sabun – sabun konvensional biasa dapat menyebabkan busa berlebih yang mampu merusak mesin. Sayangnya, sabun yang dirancang khusus ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sabun – sabun pencuci piring biasa dan kebanyakan dari mereka menggunakan bahan yang kurang ramah lingkungan, jika diperhatikan lagi, penggunaan dishwasher sering kali masih meninggalkan noda pada perlengkapan makan.

4. Kerusakan Yang Muncul

Meski dengan menggunakan dishwaser mampu mensterilkan peralatan dengan baik dibandingkan dengan mencuci secara manual, namun masih banyak kekurangan yang dimiliki mesin pencuci piring ini.

Sebesar apapun tekanan air yang dimiliki oleh mesin pencuci piring pasti masih akan meninggalkan noda dan sisa – sisa makanan, apalagi jika peralatan itu berlemak atau kotorannya mengering. Selain itu juga peralatan – peralatan yang sensitive seperti panic Teflon, pisau dan peralatan dari kayu masih harus dibersihkan oleh tangan karena bisa saja peralatan tersebut rusak karena proses pencucian dalam mesin.

 

Itulah kelebihan dan kekurangan penggunaan dishwasher, semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *